RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP ISLAM AR-RA’IS KECAPI
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok :
Menggambar gubahan
flora, fauna dan bentuk geometric menjadi ragam hias.
Alokasi Waktu : 1 Pertemuan
A.
Kompetensi Inti
KI.1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI.3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI.4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
|
3.2. Memahami prinsip dan prosedur menggambar
gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias
|
3.2.1. Peserta
didik dapat
menjelaskan pengertian menggambar ragam hias flora, fauna dan
bentuk geometrik
3.2.2. Peserta didik dapat menyebutkan prinsip ragam hias flora, fauna dan
bentuk geometrik
3.2.3. Peserta didik dapat menyebutkan prosedur menggambar ragam hias flora, fauna dan
bentuk geometrik
|
4.2. Menggambar gubahan flora, fauna dan
bentuk geometrik menjadi ragam hias
|
4.2.1.
Peserta didik dapat membuat gambar sesuai dengan teknik-teknik menggambar
gubahan flora, fauna dan bentuk geometrik menjadi ragam hias
|
Nilai karakter yang ditanamkan / ditumbuhkan
Religious ( mencintai lingkungan )
Nasionalis ( disiplin )
Mandiri ( kreatif, keberanian )
Gotong royong ( kerjasama )
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
1
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran kerja kelompok dan diskusi kelompok
peserta didik dapat :
1. Menjelaskan pengertian
menggambar ragam hias flora
dengan benar
2. Menyebutkan prnsip ragam
hias flora dengan benar
3. Menyebutkan prosedur
menggambar ragam hias flora dengan benar
Fokus penguatan karakter :
Kedisiplinan
Kemandirian
Kegotongroyongan
D.
Materi
1.
Reguler
Pertemuan pertama
·
Pengertian menggambar ragam hias bentuk flora
·
Prinsip ragam hias flora
·
Prosedur
menggambar ragam hias flora
2.
Pengayaan
·
Gambar ragam hias bentuk
geometric
3.
Remidial
·
Gambar ragam hias dari
gubahan flora dan fauna
E.
Metode pembelajaran
Pendekatan Inquiry/DiscoveryLearning
F.
Media bahan dan alat
Media : LCD Proyektor , Obyek gambar flora, fauna dan bentuk
geometrik, video,
Bahan : Kertas gambar, HVS
Alat
: Pensil, penghapus, crayon, pensil warna,
spidol, penggaris
G.
Sumber belajar :
v Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2013. Seni Budaya Buku Peserta didik Edisi revisi Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan halaman 14-21
v Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2013. Seni Budaya. Buku Guru. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan
v Video Pembelajaran teknik dan prosedur membuat Ragam
hias :
https://www.youtube.com/watch?v=iEgCcJfU76Q
H.
Langkah
langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan
1
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (15 menit)
·
Menyiapkan peserta didik : Mengucapkan
salam dilanjutkan berdoa, megecek kehadiran peserta didik, dan menanyakan kabar
peserta didik yang tidak masuk.
·
Menyanyikan lagu Indonesia Raya (apabila
jam pelajaran pertama)
·
Apersepsi : Tanya jawab dengan peserta didik tentang Menggambar gubahan flora, fauna
dan bentuk geometric menjadi ragam hias.
·
Orientasi : Guru menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai
·
Motivasi : Guru memberi contoh tentang
manfaat mempelajari Menggambar gubahan flora, fauna dan bentuk geometric menjadi ragam hias bagi kehidupan sehari-hari.
·
Pemberian acuan : Garis besar materi Menggambar gubahan flora, fauna
dan bentuk geometric menjadi ragam hias dan kegiatan apa yang akan
dilakukan dan teknik penilaian yang akan digunakan
b.Kegiatan Inti (90 menit)
Tahap 1
Merumuskan pertanyaan :
Guru mengelompokkan siswa ke dalam
beberapa kelompok, kemudian guru merumuskan pertanyaan, masalah, atau
topik tentang gubahan gambar flora, fauna dan bentuk geometric yang akan diselidiki.
(menjadi pembelajar sepanjang hayat, ingin tahu)
Tahap
2
Merencanakan
:
Guru merencanakan
prosedur atau langkah-langkah pengumpulan dan
analisis data dengan cara
menayangkan contoh gambar-gambar flora,
(kerjakeras)
Tahap
3
Mengumpulkan dan menganalisis
data:
Siswa mengumpulkan
informasi,
fakta,
maupun data, melalui contoh gambar-gambar flora, yang di tayangkan
dilanjutkan
dengan kegiatan
menganalisisnya agar memperoleh kesimpulan tentang bagaimana pengertian, prinsip
dan teknik dalam menggambar ragam hias flora,
( kerjakeras)
Tahap
4
Menarik
Kesimpulan:
Siswa
menarik kesimpulan tentang bagaimana pengertian, prinsip dan teknik dalam
menggambar ragam hias flora,
Tahap 5
Aplikasi
dan tindak lanjut:
Siswa dapat mempraktikkan hasil dari eksplorasi kedalam sebuah gambar
dengan media yang sudah disiapkan.
c.Kegiatan
Penutup (15 menit)
1.
Guru
bersama peserta
didik menyimpulkan dan merefleksikan materi
yang sudah dipelajari tadi.
2.
Guru
memberi informasi kepada peserta didik mengenai materi pada pertemuan
berikutnya.
3.
Menyanyikan lagu nasional/lagu daerah
(apabila jam pelajaran terakhir)
4. Pembelajaran diakhiri dengan salam
I.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a.
Sikap Spiritual
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
observasi
|
jurnal
|
terlampir
|
Selama pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan
pencapaian pembelajaran (assesmensment
for and of learning)
|
(instrumen terlampir)
b.
Sikap sosial
No No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Jurnal
|
Terlampir
|
Selama pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assesmensment for and of learning)
|
(instrumen terlampir)
c. Pengetahuan
No No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Tes tertulis
|
Pilihan Ganda
|
Terlampir
|
Setelah pembelajaran berlangsung
|
Penilaian pencapaian pembelajaran
|
2
|
Tes tertulis
|
uraian
|
|
|
|
(instrumen terlampir)
d.
Keterampilan
No No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Praktik
|
Tugas
(keterampilan)
|
Lihat Lampiran
...
|
Saat
pembelajaran berlangsung dan/atau setelah usai
|
Penilaian untuk,
sebagai,dan/atau
pencapaian pembelajaran
(assessment
for,
as, and of learning)
|
(instrumen terlampir)
Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar
diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/ atau pendalaman
materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk :
- Mengerjakan
soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi
- Membuat gambar
dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi
1.
Pembelajaran
Remidial
a.
Pembelajaran Ulang
b.
Bimbingan perorangan
c.
Belajar kelompok
d.
Pemanfaatan tutor sebaya
Mengetahui,
Kepala SMP Islam Ar-Ra’is Kecapi
Ahmad Surondi, S.Pd
NIY. -
|
Jepara, 04 Oktober 2018
Guru Mata Pelajaran
Fitriyo,
S.Pd
|
|
|
Lampiran 1
Materi
Lampiran 2
Instrumen Penilaian Sikap
1)
Jurnal Perkembangan Sikap
Spiritual
Nama Sekolah : SMP Islam Ar-Ra’is Kecapi
Kelas/ Semester : VII /satu
Tahun Pelajaran : 2018/2019
No
|
Waktu
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 3
Penilaian Pengetahuan
Kisi-kisi Soal
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Jml Soal
|
1.
|
3.2.
Memahami prinsip
dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi
ragam hias
|
Prinsip, dan prosedur menggambar ragam hias bentuk
flora
|
· Peserta didik dapat
menjelaskan pengertian gambar ragam hias bentuk flora
· Peserta didik dapat
menjelaskan pengertian gambar ragam hias bentuk fauna
· Peserta didik dapat
menyebutkan unsur-unsur ragam hias flora
· Peserta didik dapat
menyebutkan unsur-unsur ragam hias fauna
· Peserta didik dapat
menyebutkan langkah-langkah menggambar ragam hias bentuk flora
·
Peserta didik
dapat menyebutkan langkah-langkah menggambar ragam hias bentuk fauna
|
Uraian
|
3
1
1
|
Butir Soal:
KD 3.2:
1.
Jelaskan apa
yang dimaksud dengan gambar ragam hias flora!
2.
Jelaskan apa
yang dimaksud dengan gambar ragam hias fauna!
3.
Sebutkan
prinsip dalam menggambar gubahan ragam hias flora!
4.
Sebutkan
prinsip dalam menggambar gubahan ragam hias fauna!
5.
Sebutkan prosedur
dalam menggambar gubahan ragam hias flora!
6.
Sebutkan
prosedur dalam menggambar gubahan ragam hias fauna!
Pedoman Penskoran Soal Uraian
No.
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
KD 3.2
|
|
|
1.
|
Gambar ragam hias flora adalah ragam hias yang
menggunakan motif dari tanaman/tumbuhan.
|
15
|
2.
|
Gambar ragam hias flora adalah ragam hias yang
menggunakan motif dari hewan/binatang.
|
15
|
3.
|
Prinsip menggambar gubahan ragam hias flora:
- Perhatikan pola bentuk ragam hias flora yang akan
digambar
- Persiapkan alat dan media gambar
- Tentukan ukuran pola gambar yang akan dibuat
- Buat sketsa di salah satu kotak atau bidang
- Buat bentuk yang sama (bisa
dijiplak) pada bidang yang lain
- Warnai gambar
|
20
|
4.
|
Prinsip menggambar gubahan ragam hias fauna:
- Perhatikan pola bentuk ragam hias fauna yang akan
digambar
- Persiapkan alat dan media gambar
- Tentukan ukuran pola gambar yang akan dibuat
- Buat sketsa di salah satu kotak atau bidang
- Buat bentuk yang sama (bisa
dijiplak) pada bidang yang lain
- Warnai gambar
|
20
|
5.
|
Prosedur ragam hias flora:
- Tentukan jenis flora yang akan dibuat gambar ragam
hias
- Buatlah pola gambar ragam hias
- Membuat garis garis / bentuk motif tambahan untuk
mengisi pola terseubt
- Berilah warna pada hasil gambar ragam hias
|
15
|
6
|
Prosedur ragam hias fauna:
- Tentukan jenis fauna yang akan
dibuat gambar ragam hias
- Buatlah pola gambar ragam hias
- Berilah warna pada hasil gambar ragam hias
|
15
|
Total
Skor
Maksimum
|
100
|
No. Soal
|
Rubrik Penilaian
|
Skor
|
|
|
|
1.
|
Apabila jawaban sempurna seperti kunci jawaban maka
sekor maksimal
|
15
|
|
Apabila jawaban kurang sempurna seperti kunci
jawaban maka sekor maksimal
|
10
|
|
Apabila jawaban tidak sempurna seperti kunci jawaban
maka sekor maksimal
|
5
|
2.
|
Apabila jawaban sempurna seperti kunci jawaban maka
sekor maksimal
|
15
|
|
Apabila jawaban kurang sempurna seperti kunci
jawaban maka sekor maksimal
|
10
|
|
Apabila jawaban tidak sempurna seperti kunci jawaban
maka sekor maksimal
|
5
|
3.
|
Apabila jawaban sempurna seperti kunci jawaban maka
sekor maksimal
|
20
|
|
Apabila jawaban kurang sempurna seperti kunci
jawaban maka sekor maksimal
|
15
|
|
Apabila jawaban tidak sempurna seperti kunci jawaban
maka sekor maksimal
|
10
|
4.
|
Apabila jawaban sempurna seperti kunci jawaban maka
sekor maksimal
|
20
|
|
Apabila jawaban kurang sempurna seperti kunci
jawaban maka sekor maksimal
|
15
|
|
Apabila jawaban tidak sempurna seperti kunci jawaban
maka sekor maksimal
|
10
|
5.
|
Apabila jawaban sempurna seperti kunci jawaban maka
sekor maksimal
|
15
|
|
Apabila jawaban kurang sempurna seperti kunci
jawaban maka sekor maksimal
|
10
|
|
Apabila jawaban tidak sempurna seperti kunci jawaban
maka sekor maksimal
|
5
|
6.
|
Apabila jawaban sempurna seperti kunci jawaban maka
sekor maksimal
|
15
|
|
Apabila jawaban kurang sempurna seperti kunci
jawaban maka sekor maksimal
|
10
|
|
Apabila jawaban tidak sempurna seperti kunci jawaban
maka sekor maksimal
|
5
|
Catatan: Menyusun pedoman penskoran. Untuk
soal pilihan ganda, isian, menjodohkan, dan jawaban singkat disediakan kunci
jawaban. Untuk soal uraian disediakan kunci/model jawaban dan rubrik.
Penilaian
:
Lampiran 4
Penilaian Keterampilan
(kinerja)
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Teknik
Penilaian
|
1
|
4.2: Menggambar
gubahan flora, fauna dan bentuk geometrik menjadi ragam hias
|
·
Gambar
gubahan ragam hias dari flora
|
4.2.1.
Peserta didik dapat membuat ragam hias flora
|
Kinerja (Produk)
|
Tugas penilaian kinerja:
KD 4.2
1. Buatlah gambar ragam hias flora pada
media dengan ketentuan sebagai berikut :
a. kertas gambar HVS
b. menggunakan pewarnaan
Alat dan Bahan:
Alat
|
Bahan
|
Pensil
|
Kertas HVS
|
Penggaris
|
Pewarna; crayon, pensil warna, spidol
|
Rubrik
Penskoran Penilaian Kinerja (Produk)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Ide dan gagasan
|
|
|
|
|
2.
|
Komposisi (bentuk dan letak)
|
|
|
|
|
3.
|
Teknik (Stilasi/deformasi)
|
|
|
|
|
4.
|
Pewarnaan (komposisi warna)
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
||||
Skor Maksimum
|
16
|
Rubrik
Penilaian Kinerja
No
|
Indikator
|
|
Rubrik
|
Skor
|
1.
|
Peserta didik dapat mempraktekkan sesuai dengan
teknik-teknik menggambar flora menjadi ragam hias
|
1
|
Jika ide dan gagasannya orisinal
|
4
|
Jika ide dan gagasannya cukup orisinal
|
3
|
|||
Jika ide dan gagasannya kurang orisinal
|
2
|
|||
Jika ide dan gagasannya plagiat
|
1
|
|||
2
|
Jika komposisi bentuknya sangat sesuai dengan prinsip komposisi
|
4
|
||
Jika komposisi bentuknya sesuai dengan prinsip komposisi
|
3
|
|||
Jika komposisi bentuknya cukup sesuai dengan prinsip komposisi
|
2
|
|||
Jika komposisi bentuknya kurang sesuai dengan prinsip komposisi
|
1
|
|||
3
|
Jika teknik sangat sesuai dengan teknik
stilasi/deformasi
|
4
|
||
Jika teknik sesuai dengan teknik
stilasi/deformasi
|
3
|
|||
Jika teknik cukup sesuai dengan teknik
stilasi/deformasi
|
2
|
|||
Jika teknik kurang sesuai dengan teknik
stilasi/deformasi
|
1
|
|||
4
|
Jika pewarnaan sangat sesuai dengan
komposisi warna
|
4
|
||
Jika pewarnaan sesuai dengan komposisi warna
|
3
|
|||
Jika pewarnaan cukup sesuai dengan komposisi warna
|
2
|
|||
Jika pewarnaan kurangsesuai dengan komposisi
warna
|
1
|
DAFTAR NILAI
KETERAMPILAN (KINERJA)
SEKOLAH : SMP ISLAM AR-RA’IS KECAPI
KELAS /SEMESTER : VII/ GASAL
TAHUN
PELAJARAN : 2018/2019
MATERI
: MEMBUAT RAGAM HIAS
FLORA
WAKTU
: SAAT PROSES
PEMBELAJARAN
NO
|
NAMA
|
Aspek yang dinilai
|
Jumah Skore
|
Nilai Akhir
|
|||
Ide
dan gagasan
|
Komposisi
|
Teknik
|
Pewarnaan
|
||||
1
|
Alinda Citra Dewi
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Azizatun Lisdalifah
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Dinda Enjelina Nasya
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Erna Wati
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Ines Sekar Ayu
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Lailatul Nafisah
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Linda Wahyu Putri A.
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Nor Kumala UBD
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Novita Indriani
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Siti Alfiah
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Siti Khamidah
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Siti Nihayatu W.M
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Wulan Septian R.
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Rofiatul Khasanah
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Guru Mapel Seni Budaya
FITRIYO, S.Pd
Jurnal Penilaian Perkembangan
Sikap Spiritual dan Sosial
Nama Sekolah : SMP Islam Ar-Ra’is Kecapi
Kelas/ Semester : VII /satu
Tahun Pelajaran : 2018/2019
No
|
Waktu
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Guru Mapel Seni Budaya
FITRIYO, S.Pd
No comments:
Post a Comment